Short Course Pra Nikah: Di Atas Cinta Ada Mawaddah dan Amanah


OVERVIEW
Pernikahan adalah anjuran agama. Keterikatan antara seorang lelaki dan seorang perempuan merupakan kebutuhan setiap orang  yang bersifat naluriah. Selain itu, pernikahan bertujuan untuk membentengi martabat manusia dari perbuatan kotor dan keji, yang dapat merendahkan dan merusak martabat manusia yang luhur. Lebih dari itu, pernikahan  bahkan menjadi kebutuhan bagi kesempurnaan hidup manusia.

Menuju jenjang pernikahan hingga menjalani kehidupan rumah tangga,  ada tahapan-tahapan yang harus dilalui muslimin muslimat untuk mewujudkan keluaraga mawaddah, sakinah, wa rahmah. Berdasarkan hal tersebut kami santri komplek Gedung Putih berinisiatif untuk mengadakan pelatihan Pra-Nikah, dengan tujuan memberikan gambaran proses yang akan ditempuh oleh muslimin dan muslimat dari sejak  taâaruf hingga ke jenjang pernikahan dengan berbagai pendekatan perspektif.

 TUJUAN KEGIATAN
Tujuan pelatihan pra-nikah yang berjudul SHORT COURSE PRA NIKAH: “DI..ATAS MAWADDAH ADA CINTA DAN AMANAH” adalah:
1.      Sebagai pembelajaran generasi muda seputar pernikahan sesuai syariah  Islam
2.     Mampu merealisasikan tahapan-tahapan pernikahan sesuai nilai-nilai Islam
3.     Mampu meresapi dan merefleksikan visi-misi pernikahan

PENYELENGGARAAN
Kegiatan ini akan diselenggarakan dalam delapan minggu dengan rentang waktu   2  Desember 2012 sampai 20 Jauari 2013. Pelatihan ini terdiri dari delapan sesi  yang hanya akan ada satu sesi setiap minggunya setiap hari Ahad pukul  09.00-11.00.  Acara ini akan diadakan di Gedung LKIM Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.

MATERI
1.      Pernikahan dalam Perspektif Fikih (KH. Dr. Abdul Ghofur Maimoen, MA)   
Sesi ini akan menjelaskan tentang hukum pernikahan dan hak suami-istri dalam rumah tangga.
2.     Keluarga Sakinah Menurut Al-Quran dan Hadist (Dr.Phil. Sahiron  Syamsuddin, MA)
Sesi ini akan menjelaskan tentang dalil-dalil agama yang mengarahkan pada pemilihan calon suami/istri yang baik dan landasan perilaku untuk membangun keluarga yang Qurani.
3.     Pernikahan dalam Prespektif Psikologi (Ruspita Rani Pratiwi, M.Psi)
Sesi ini akan menjelaskan tentang persiapan psikologis untuk menghadapi kehidupan rumah tangga, termasuk tentang problematika dan solusi masalah rumah tangga.
4.     Keluarga dan Masyarakat (Nyai Hj. Sintho' Nabilah)
Sesi ini akan menjelaskan tentang relasi suami-istri dengan masyarakat dan budaya di sekelilingnya. Bagaimana suami istri mengelola peran dalam rumah tangga dan berbaga afiliasi organisasi kemasyarakatan atau pekerjaan di luar rumah.
5.     Kesehatan Reproduksi (Eny Sukowati, Amd Keb)
Sesi ini akan menginformasikan kepada peserta mengenai persiapan kesehatan pranikah informasi Keluarga Berencana (KB), informasi penyakit menular seksual (PMS), dan kesehatan anak.
6.     Administrasi Pernikahan (KUA Sewon)
Sesi ini akan memberikan penjelasan tentang syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi untuk menikah agar bisa dikui secara sah oleh negara.
7.     Perekonomian Keluarga (Allisa Wahid)
Sesi ini peserta akan diajak untuk membuat manajemen keuangan keluarga, seperti neraca pendapatan-pengeluaran, dan manajemen investasi untuk masa depan keluarga.
8.     Analisis Masalah Rumah Tangga (Ahmad Rafiq, MA)
Sesi ini akan menjelaskan tentang sejumlah problematika dalam keluarga seperti  percerian, KDRT, poligami, long distance relationship, ekonomi, dan kemungkinan jalankeluar yang bisa ditempuh.

Pendaftaran Peserta
Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini diharapkan memenuhi ketentuan berikut:         
1.      Minimal berusia 18 tahun
2.     Bersedia mengikuti seluruh sesi yang ditentukan panitia
3.     Mengisi formulir pendaftaran di sekretariat panitia atau di sini ini paling lambat 29 November 2012
4.     Membayar biaya pendaftaran; santri (Rp 80.000), mahasiswa (Rp 100.000), umum (150.000). Fasilitas yang didapatkan di antaranya modul, seminar kit, snack, sertifikat, dan VCD dokumentasi materi.
5.     Biaya pendaftaran dikirim via rekening BRI an. Ummi Rohmah 373801011947532 atau dapat membayar langsung kepada panitia di Komplek Gedung Putih Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak dengan nomor 085743361523 (Rohmah).
6.     Bagi yang melakukan transaksi via rekening, dimohon mengirimkan bukti trasaksi ke email gedungputihkrapyak@gmail.com. Setelah itu, panitia akan memberikan konfirmasi penerimaan peserta.

Kontak Kami:        
085226489061 (Rohmah) 
Komplek Gedung Putih Yayasan Ali Maksum Pondok Krapyak, Gang Mawar Jl. KH. Ali    Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Komentar